Monday, August 9, 2010

Tips berpuasa di bulan Ramadhan

Menjalankan ibadah puasa adalah sebuah kewajiban bagi umat islam yang di jalankan selama sebulan penuh pada tiap tahun. Dan tentu saja dijalankan dengan aturan yang benar. Berikut ini ada beberapa tips untuk menjalankan ibadah puasa :
  • Jangan tinggalkan sahur
Rasulullah bersabda :"Sahurlah kamu, karena dalam sahur itu terdapat berkah yang besar". Maka dari itu, alangkah baiknya jika kita menyempatkan diri untuk makan di waktu sahur. Sahurlah dengan makanan yang hangat, agar makanan mudah dicerna sekaligus merangsang keluarnya enzim pencernaan. Dan hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis-manis.
  •  Perbanyak minum air putih
Air sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena lebih dari 60% tubuh kita terdiri dari air. Usahakan menghindari minum es atau yang bersoda, karena jenis minuman ini dapat membuat pencernaan tidak berfungsi secara normal.

  • Olahraga 
Berpuasa bukan berarti kita mengehentikan semua aktifitas olahraga. Selalu tidur justru akan menjadikan badan terasa lemas dan tidak bertenaga. Tetaplah beraktifitas selama puasa, namun tidak berlebihan. Lakukan olahraga ringan, semacam strecthing atau senam ringan di pagi-pagi buta. Boleh juga jogging atau jalan kaki menjelang berbuka puasa.
  • Kendalikan emosi
Secara psikologis, dengan berfikir positif dan tidak mengumbar emosi, akan menyebabkan pikiran lebih tenang dan energi tidak banyak keluar.
  • Jangan menunda waktu berbuka puasa
 Setelah seharian menahan lapar dan dahaga tentunya energi kita terkuras, untuk memulihkan energi kembali, saat berbuka makanlah karbohidrat sederhana yang terdapat dalam makanan manis. Makanan yang mengandung gula mengembalikan secara instant energi kita yang terkuras seharian. Berhentilah makan sebelum kenyang. Seperti yang dikatakan Rasulullah, porsi perut kita untuk menampung makanan adalah sepertiga angin, sepertiga air, dan sepertiganya berupa makanan.
 

No comments:

Post a Comment